Pages

Monday 6 April 2009

Sekilas Tentang Gameplay FF

Kalo kamu udah baca about FF, ada beberapa yg belon lengkap, mungkin dsni q bkalan bahas beberapa tambahannya.

FF pertama kali keluar tahun 1987, dan dirilis di Amerika Utara oleh Nintendo Amerika tahun 1990. Pokoknya, dirilisnya pas masih jaman NES (Nintendo Entertainment System), di console Famicom. G cuma di Famicom aja, FF di remade lagi buat beberapa console lainnya.

FF punya 4 unsur utama (gamenya) yaitu map dunia, map kota ama dungeon, arena bertarung, dan tampilan menu. Map dunia fungsinya untuk menunjukkan sedang berada di daerah manakah si player. Map dunia ga mendetail kayak peta kota ato dunia. Oh y, map dunia ga selalu nunjukkin dimana si player berada, tapi juga, kita bisa ngeliat tempat” lain, tapi kita ga bisa langsung lompat ke tempat itu (enak bgd! Ga seru dunk!), fungsinya, (selain yg udah q sebutin) qta bisa nentuin mau kemana qta selanjutnya. Untuk pergi dari satu negara ke negara lain biasanya si player jalan kaki, tapi bisa juga loh, pake kano, boat, bahkan airship (kalo km pinter maen). Perjalanan buat namatin gamenya tentu ga adem ayem gitu aja, tentu ada boss di setiap dungeon dan beberapa musuh yang tersebar di berbagai tempat dan ga beraturan dan pastinya ga diketahui keberadaannya. Bisa jak, pas qta lagi asik-asiknya nyelajah, tiba” qta langsung msuk battle arena. Jangankan berharap mau namatin game adem ayem, mau dapetin item (bukan hitam y) jak harus ngelawan optional boss. Kuatnya boss tergantung seberapa hebat dan mahal si item.

Apakah si player cuma make 1 karakter? Ya enggalah! Boring atu! Di FF, qta bisa ngundang beberapa karakter buat jadi anggota party (istilah di game”, party tuh kelompok) qta. Ada karakter primer yang memang harus masuk ke party qta, ada temporary karakter yang cuma sementara aja nemenin player, misalnya, ntar dia mati, ato berhianat, ada juga karakter rahasia yang available dengan bermacam-macam persyaratan. Semakin susah persyaratan, semakin hebat player yang didapat.

Apakah karakter yang dimainkan akan terus sama dari awal sampai akhir? Jelas engga! Hit point, Manna Point, dsb bakalan terus bertambah selama ada musuh yang dilawan. Soalnya, setiap menang ngelawan musuh, karakter bakalan dapet Experience Point (Exp) yang bisa bikin si karakter level up. Level up-nya pun ga sembarangan. Di game, ditentukan berapa banyak exp yang diperlukan untuk level up. Semakin tinggi level yang ingin diraih, semakin banyak exp yg diperlukan, juga semakin hebat si karakter. Perkembangan si karakter ga cuma tergantung ama exp aja, tapi juga sama equipment ama item yg digunakan. O y, karakter ga cuma bisa physical attack, tapi juga magic. Kemampuan dalam memakai magic diukur di Manna Point (MP). Seperti biasa, semakin hebat magic yang ingin dipakai, semakin banyak memerlukan MP. Perhatikan juga HP, kalo sampao HP-nya nol, berarti tuh karakter mati. Tapi si karakter yang mati bisa dihidupin lagi di suatu tempat (kalo menang, kan tarungnya ber-4) ato pake summon (pas battle), ato pake item (phoenix dawn misalnya).

Okay, itu sekilas tentang gameplaynya. Ga smua game FF menerapkan konsep diatas, y mungkin untuk game terbaru FF udah beda lagi battle system-nya. Kalau storyline, sabar dulu kali ya.... Soalnya, narasumberq uga belon ngasi aq kabar terbaru. Kayaknya, untuk artikel kedepan FF masih akan berkutat di flashback FF. jadi untuk karakter dsb, sabra dulu iya buk.....

No comments:

Post a Comment