Pages

Monday 30 March 2009

Win XP: Mengatur Tampilan Monitor

Siapa bilang tampilan monitor tuh ga perlu? (oke, mungkin bagi beberapa orang, ga penting sih..) Tampilan monitor bisa mempengaruhi mood si user. Coba deh, kalo misalnya, wallpaper-nya tuh sesuatu yang qta sukai, ato sesuatu yang artistik, pasti qta enak makenya n ga nyakitin mata. juga ga boring didepan komputer kalo lagi ngetik tugas ato apa. Nah oleh karena itu, artikel kali nie membahas tentang tampilan monitor di Window XP, buat OS yang lain, kapan” aja iya..

Win XP, punya banyak setting dan feature yang tersembunyi, yang mungkin belum kalian ketahui (inget ya, q ngetiknya “mungkin”, berarti ada beberapa yang tau). Salah satunya, ya setting buat ngatur refresh rate, warna, ama resolusi yang didukung graphic card masing” tentunya. Berikut langkah”nya:

Klik kanan di desktop dan pilin menu “Properties” (kliknya di sembarang temapt yang kosong, tu dah namanya desktop, maksudnya, bukan tempat yang kosong tuh desktop, tapi, pas baru nyalain tuh, nah, udah masuk windows, tampilan pertama tu dah namanya desktop, ngerti kan?)
Di window “Display Properties”, pilih tab “Settings” (tab itu, tombol” yang diatas yang kayak pembatas buku itu lo, apa men istilah lainnya, udah, pokoknya gitu!)
Pilih tombol “Advanced” yang ada di pojok kanan bawah, nah, kalo udah di klik, pilih tab “Adapter”
Nah, pilih “List all modes...” ada di pojok kiri bawah
Terus, kan udah muncul windows baru tuh, atur” dah tuh, sesuai selera, entah itu resolusinya, kedalaman warna, ama refresh rate yang diinginkan, kalo udah puas, klik OK

Yah, emang sih, tampilan standar windows tuh udah bagus dan rasanya ga perlu di utak-atik (maap Nan, bukan bermaksud) lagi. Tapi, mungkin ada beberapa yang tangannya gatal suka klik sana-sini ato orang yang suka bereksperimen ama komputernya, silahkan mencoba ajagh..... seperti biasa, punya saran, kritik, ralat ato hinaan, silahkan ke kotak komentar di bawah..... (DS)

No comments:

Post a Comment