Pages

Sunday 29 March 2009

About FF......

Final fantasy, dibuat (awalnya) oleh Hironobu Sakaguchi (jelas ama kru buatnya, maruk bgd dia mau buat final fantasy sendiri..) dan tentu pemiliknya adalah Square Enix (sekarang). Final fantasy pertama kali dirilis pada tahun 1987, tepatnya tanggal 18 Desember 1987 (di jepang) yang bergenre RPG oleh Squaresoft (dulunya, terus berubah jadi Square doang, terus finally jadi SE). Dulu sih, genre (kalo ga salah) game tuh adanya cuma RPG (Role Playing Game), terus berkembang jadi tactical RPGs, portable games, MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game alias game online), dan kemudian game buat hape (mobile), terus ada lagi RTS (Real Time Strategy), trus…. Ah! Banyak lah pokoknya, ada sekitar dua puluhan genre (sekarang maksudnya..)!
Menurutmu, itu poto siapa? Y, itulah photonya Hironobu Sakaguchi, (ga) ganteng ya??

Salah satu keistimewaan final fantasy (menurutq) yaitu, setiap seriesnya ga satu cerita, ga berantai, maksudnya, misal, final fantasy (FF) I ceritanya, characternya beda dengan FFII, dan seterusnya, kecuali mungkin kalo satu sequel, maksudnya, FFVII dengan FFVII Advent Children, itu satu seri, dengan karakter yang sama (kecuali FFXIII, setiap sequelnya beda!). Meskipun ada juga sequel yang memakai karakter yang sama, tapi di design ulang, misalnya FFX dengan FFX-2, karakter Yuna, Rikku, ma Lulu di final fantasy X beda dengan X-2, beda banget!!! Yuna di FFX tuh polos, sopan, pemalu, tapi kalo yang di FFX-2…….

Yah, pokoknya gitu lah! Meskipun ada kekurangannya, biasannya ada karakter, dungeon, event yang diulang-ulang di seri yang berbeda. Misalnya nama Garland (FFI) dipakai lagi di FFIX tapi karakter yang berbeda (Cuma pinjem nama). Kelebihan lainnya, coba deh bayangin, tahun 1987, adanya komputer kayak apa coba? Tapi square (ehem, maksudnya para krunya) bisa buat video, cutscene, trailer yang bener” asli kayak, kayak apa y q bilang, ga tau lah pokoknya gitu! Asli kayak manusia, padahal cuma animasi, y, di jaman sekarang sih wajar” aja, biasa, scara, udah canggih gitu loh! Oke, mungkin istilahnya full motion video kali y….

Nobuo Uematsu (atas), sang komposer dari awal final fantasy (beserta orchestranya), sebelum akhirnya hengkang (hati-hati ama kata nie) dari SE karena, karena ga tau uga knapa, nanti q tanya (aih! Sok kali q nox!)

FF yang skarang lagi rame, ya FFXIII cs. Rilis di jepang 2009 dengan console PS3, dan versi bhs inggrisnya taon 2010, di Indonesia kapan iya??? O y, ga cuma console PS3 aja, tapi juga di Xbox 360. Kalo FFVersusXIII ga tau deh ceritanya gmna. Di PS3 uga, cuma kyknya online deh, rilisnya juga ga tau kapan. Terus ada FFAgitoXIII, di hape (on mobile). G tau uga gmna perkembangannya. Nah! Untuk kritk, saran, ralat, tambahan, ato hinaan silahkan komen di bawah, paling bawah deh pokoknya, ato email ke sanrista@yahoo.com. Thx (DS)

No comments:

Post a Comment